3 Jenis Alat Kesehatan Yang Digunakan Di Rumah Sakit

Terdapat berbagai jenis alat kesehatan yang ada di Rumah Sakit & Klinik. Diantaranya alat Elektromedik, Non Elektromedik dan alat Diagnostic In Vitro. Ketiga macam alat tersebut terdapat di rumah sakit sebagai alat penunjang pelayanan medis yang ada di sana. Pada kesempatan kali ini, saya ingin sedikit berbagi informasi tentang satu jenis alat kesehatan tersebut dan juga contoh serta penjelasan singkatnya.

jenis alat kesehatan di rumah sakit

Pengertian Alat Elektromedik

Secara bahasa kita dapat menyimpulkan bahwa alat Elektromedik yaitu alat kesehatan yang penggunaanya membutuhkan energi listrik. Oleh sebab itu, disematkan kata Elektro yang berarti listrik atau elektronik. Contoh alat ini cukup banyak, di rumah sakit atatu di pusat pelayanan kesehatan lainnya. Berikut ini contohnya :

Contoh Alat Elektromedik

Tentu tidak bisa kita sebtukan semuanya, karena jumlahnya juga sangat banyak dan juga karena keterbatasn ilmu saya, tidak bisa menyebutkan semuanya.

1. Defibrillator

Alat ini digunakan pada serangan jantung. Atau kondisi dimana jantung tidak dapat menjalankan fungsinya untuk memompa darah. Penggunaan alat defibrillator biasanya dibarengi dengan tindakan CPR dan juga pemberian napas dengan Ambubag (resuscitator). Defibrillator bekerja dengan memberikan kejutan listrik pada jantung yang sedang mengalami fibrillasi acak. Sengatan tersebut akan mengejutkan jantung dengan harapan jantung akan kembali memulai detaknya dengan normal. Oleh karen pentingnya alat ini, Defibrillator juga menjadi bagian dari alat – alat emergency yang harus selalu siap dibutuhkan kapan saja.

2. ECG (Electrocardiograph)

Alat ini disebut juga dengan alat rekam jantung. Mengapa demikian ? Alat ini berfungsi untuk menganalisa gangguan jantung khususnya aritma jantung. Cara kerjanya yaitu dengan menangkap sinyal listrik melalui elektroda yang ditempel pada dada pasien yang kemudian diubah menjadi sinyal listrik yang dapat direkam dan divisualisasikan dalam bentuk grafik.

3. Electro Surgical Unit (ESU)

Anda yang pernah menjalani operasi sesar mungkin pernah melihat alat ini. Electrosurgical merupakan alat medis yang berfungsi sebagai pisau untuk membuat sayatan dan memotong jaringan tubuh pada saat menjalani operasi. Keunggulan menggunakan alat ini yaitu mengurangi pendarahan yang keluar. Alat ini menggunakan tenaga listrik tinggi sehingga disebut dengan kata Electro Surgical.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *